Tutorial C++ # 02 Tipe Data dan Variabel Pada C++

Tipe Data dan Variabel Pada C++
0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second
Tipe Data dan Variabel Pada C++

Pada tutorial C++ # 02 Tipe Data dan Variabel – pada tutorial sebelumnya kita telah berkenalan dengan bahasa C++ dan telah mengetahui struktur dasar dari bahasa C++

Pada tutorial kali ini kita akan membahas mengenai Tipe data dan variabel yang ada pada C++.

Apa itu Tipe Data ??

Tipe data adalah tipe yang menggabarkan suatu data yang akan disimpan dengan mempehitungkan pangguaan memori. Satu data memiliki isi yang berbeda-beda, seperti karakter, bilangan bulat, bilangan desimal serta boolean.

Tipe Data pada C++ dapat dilihat pada tabel dibawah ini ini:

Tipe Data Char

Tipe data char digunakan untuk jenis data berupa karakter dengan jangkauan memori -128 s.d 127.

Tipe Data Integer (INT)

Tipe data integer atau disingkat int pada c++ yang digunakan untuk jenis data beilangan bulat. ketika menggunakan tipe data ini jika nilai yang akan disimpan memilik koma atau bilangan desimal maka akn di bulat secara otomatis. Jangkauan memori dari tipe data integer adalah -32768 s.d 32767

Tipe Data Long

Tipe data long merupakan tipe yang sama seperti tipe data integer, namun memiliki panjang jangkauan memori yang lebih panjang dari tipe data integer.

Tipe Data Float

Tipe Data Float merupakan tipe data yang digunakan untuk bilangan bulat dengan jangkauan memori 3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38.

Tipe Data Double

Tipe Data Double merupakan jenis tipe data yang digunakan untuk hasil keluaran yang memiliki angka di belakng koma. jangkauan memori dari tipe data ini adalah 1.7 x 10-308 s.d 1.7 x 10+308.

Tipe Data Long Double

Tipe data ini merupakan kesamaan dari tipe data double namaun memiliki jaungkan lebih panjang dari pada tipe data double dengan jangkauan memori 3.4 x 10-4932 s.d 3.4 x 10+4932.

Setelah kita memperlajari mengenai tipe data, sekarang kita akan berkenalan dengan variabel.

Apa itu variabel ??

variabel merupakan tempat untuk menyimpan suatu data berdasarkan jenis tipe data yang digunakan.

Berdasarkan pengertian tipe data dan variabel diatas dapat kita simpulkan bawah Tipe Data dan Varibel sangat berkaitan, tipe data untuk menentukan jenis data yang akan disimpan sedangkan variabel untuk menyimpan data tersebut.

cara menggunakan variabe dengan mendeklarasikan nya terlebih dahulu agar variabel tersebut dapat digunakan. Pendeklarasian variabel pada C++ terbagi menjadi dua, yaitu variabel global dan variabel local.

Variabel global adalah variabel yang di deklarasikan di dari fungsi main atau fungsi utama.

Variabel local adalah variabel yang di deklarasikan di dalam fungsi main atau fungsi utama.

Pendeklarasian variabel pada C++ sangat diperhatikan besar kecil nya huruf yang dijadikan variabel dan tidak boleh menggunakan spasi pada variabel. Jika ingin menggunakan dua buah kata bisa menggunakan garis bawah untuk menggantikan spasi.

Bahasa C++ sangat sensitif atau memiliki sifat Case Sensitive yang artinya besar kecil huruf memiliki arti yang berbeda sehingga saat pembuatan variabel pada C++ sangat di perhatikan.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

2 thoughts on “Tutorial C++ # 02 Tipe Data dan Variabel Pada C++

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *